Selasa, 08 April 2014

LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah group perusahaan, yang tediri dari induk dan anak perusahaan yang seolah-olah menjadi satu perusahaan.

Yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang objektif dan sesuai keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan, yang tidak boleh menyesatkan perusahaan.

Sifat-sifat laporan konsolidasi:
1. Model pelaporan konsolidasi ini menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dea atau lebih perusahaan yang didasarkan atas kepemilikan dan pengendalian bersama.
2. Penyusunan laporan ini diasumsikan bahwa perusahaan anak sebagai cabang, maka aktiva dan kewajiban masing-masing perusahaan anak digabung dengan aktiva dan kewajiban perusahaan induk.
3. Pada neraca perusahaan induk melaporkan bahwa saham perusahaan anak adalah sebagai investasi, sedangkan pada perusahaan anak adalah sebagai modal saham.

Metode-metode dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah sbb:
1. Konsolidasi dengan metode ekuitas (Equity Method)
Adalah Suatu fakta bahwa perusahaan anak dan induk adalah suatu perusahaan yang terjadi dalam perusahaan anak harus diakui oleh perusahaan induk untuk mengetahui  laporan keuangan dan perkembangan usaha secara lebih lengkap.
2. Konsolidasi  dengan metode biaya (Cost Method)
Adalah Perusahaan induk hanya mengakui saat mendapatkan pendapatan dan pembagian deviden perusahaan anak

PERTANYAAN DAN JAWABAN
1. Dari kedua metode (Equity Method ) tersebut, apakah terdapat perbedaan pada neraca konsolidasinya, jelaskan?
Jawab: Ada perbedaan,  Metode Ekuitas : Pencatatan menggunakan perhitungan terbaru (kas, laba yang ditahan, investasi saham) yang lain tidak berubah dan kedua perusahaan ikut mencatat.
Metode Biaya :   Pencatatan yang menggunakan perhitungan terbaru hanya Kas, dan yang lain menggunakan pencatatanyang lama (Persediaan akhir dan investasi saham) dan yang mencatat hanya perusahaan anak.
2.Jelaskan perbedaan antara penyesuaian dan eliminasi pada kertas kerja konsolidasi bagi kedua perusahaan?
Jawab: penyesuaian digunakan untuk menyesuaikan atu mengetahui perbandingan antara perusahaan anak dan induk, sedangkan eliminasi digunakan untuk menghapuskan laporan keuangan.
3. Sebutkan prosedur pembuatan laporan keuangan konsolidasi?
Jawab : 1. Mengeliminasi semua jurnal timbal balik dan 2. Menyusun kertas kerja untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan
4. Bagaimanakah cara mengatasi masalah khusus dalam laporan keuangan konsolidasi ?

Jawab : Sebelum mengetahui kesalahan pada lap.keuangan kita harus memposting neraca terlebih dahulu apabila ada kecurangan dibuat jurnal koreksi dan jurnal pembalik sehingga tidak mungkin dibuat kembali dari awal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar