Laporan keuangan
konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi
dari sebuah group perusahaan, yang tediri dari induk dan anak perusahaan yang
seolah-olah menjadi satu perusahaan.
Yang bertujuan
untuk memberikan gambaran yang objektif dan sesuai keseluruhan posisi dan
aktivitas dari suatu perusahaan, yang tidak boleh menyesatkan perusahaan.
Sifat-sifat laporan
konsolidasi:
1. Model pelaporan konsolidasi ini menunjukkan pengaruh ekonomi dari
penggabungan dea atau lebih perusahaan yang didasarkan atas kepemilikan dan
pengendalian bersama.
2. Penyusunan laporan ini diasumsikan bahwa perusahaan anak sebagai
cabang, maka aktiva dan kewajiban masing-masing perusahaan anak digabung dengan
aktiva dan kewajiban perusahaan induk.
3. Pada neraca perusahaan induk melaporkan bahwa saham perusahaan anak
adalah sebagai investasi, sedangkan pada perusahaan anak adalah sebagai modal
saham.
Metode-metode dalam
penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah sbb:
1. Konsolidasi dengan metode ekuitas (Equity Method)
Adalah
Suatu fakta bahwa perusahaan anak dan induk adalah suatu perusahaan yang
terjadi dalam perusahaan anak harus diakui oleh perusahaan induk untuk
mengetahui laporan keuangan dan
perkembangan usaha secara lebih lengkap.
2. Konsolidasi dengan metode biaya
(Cost Method)
Adalah
Perusahaan induk hanya mengakui saat mendapatkan pendapatan dan pembagian
deviden perusahaan anak
PERTANYAAN DAN
JAWABAN
1. Dari kedua metode (Equity Method ) tersebut, apakah terdapat perbedaan
pada neraca konsolidasinya, jelaskan?
Jawab:
Ada perbedaan, Metode Ekuitas :
Pencatatan menggunakan perhitungan terbaru (kas, laba yang ditahan, investasi
saham) yang lain tidak berubah dan kedua perusahaan ikut mencatat.
Metode
Biaya : Pencatatan yang menggunakan
perhitungan terbaru hanya Kas, dan yang lain menggunakan pencatatanyang lama (Persediaan
akhir dan investasi saham) dan yang mencatat hanya perusahaan anak.
2.Jelaskan perbedaan antara penyesuaian dan eliminasi pada kertas kerja
konsolidasi bagi kedua perusahaan?
Jawab:
penyesuaian digunakan untuk menyesuaikan atu mengetahui perbandingan antara
perusahaan anak dan induk, sedangkan eliminasi digunakan untuk menghapuskan
laporan keuangan.
3. Sebutkan prosedur pembuatan laporan keuangan konsolidasi?
Jawab
: 1. Mengeliminasi semua jurnal timbal balik dan 2. Menyusun kertas kerja untuk
mempermudah pembuatan laporan keuangan
4. Bagaimanakah cara mengatasi masalah khusus dalam laporan keuangan
konsolidasi ?
Jawab
: Sebelum mengetahui kesalahan pada lap.keuangan kita harus memposting neraca
terlebih dahulu apabila ada kecurangan dibuat jurnal koreksi dan jurnal
pembalik sehingga tidak mungkin dibuat kembali dari awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar