Senin, 24 Maret 2014

Review Jurnal 1 : PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI DAN MUTU LAPORAN KEUANGAN KOPERASI; STUDI EMPIRIS PADA KOPERASI KREDIT INDONESIA (bag.2)

Penulis : Fransiska Randa
Sumber : Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Masyarakat 
Volume : 4 No.2 
Tahun : Januari 2005

REVIEW 2 (DARI 3)


B.     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Laporan Keuangan



1. Umur Perusahaan
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan diharapkan selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu, baik dalam operasinya, organisasinya, maupun kematangan berpikir para manager dan karyawannnya.



2. Frekuensi Pengauditan
Secara umum pemeriksaan akuntan adalah proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kejadian ekonomi



3. Pendidikan
Pendidikan selalu menimbulkan perubahan perilaku yang bersifat positif, yaitu dengan adanya pendidikan maka seseorang akan mampu menggunakan kemampuannya secara efektif dalam memecahkan masalah (Davis, 1957).



4. Pengalaman
Hal ini menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki pengalaman akan lebih mudah melaksanakan tugas-tugas dalam perusahaan karena sudah terbiasa melakukannya dan akan menambah wawasan karena dapat belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.



5. Aset
Aset pada dasarnya adalah aset yang dimiliki koperasi. Aset koperasi meliputi aset lancar, dan aset tetap dan aset lainnya.


DAFTAR PUSTAKA


Davis, Ralph Currier, industrial Organizaton and Managenet, New York : Harper & Brother Publisher, 1957.
Gibson, James L., John M. Ivanicevich and James James H. Donnely, Jr., Organization :Behavior-Structure-Processes,Texas: Business Publication Inc., 1988.
Mulyadi, Pemeriksaan Akuntan BPFE-UGM, Yogyakarta, 1998.
IAI, StandAR Akuntansi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta, 1999.
H. Woeryanto, Koperasi Kredit Untuk Anda, Yayasan Bekatiga Indonesia, edisi I Jakarta, 2003.
Moh, Nazir.,Ph.D., Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1998.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar