Selasa, 24 Desember 2013

Tulisan3-Dana Bergulir 2013 Universitas Gunadarma


Akhirnya setelah berbulan-bulan lamanya menunggu, saya dan teman-teman saya dapat nenyelesaikan 3 hari kegiatan acara yang dimana menjadi syarat untuk mengikuti sidang LKP yang insyaallah pada tahun 2014 nanti, Amiinnn...
Hari pertama kegiatan yang kami lakukan adalah berupa seminar yang dilakukan di kampus Depok, gedung 4 lantai 6. Dimana yang memberikan materi pembahasan seminar adalah seorang motivator yang sudah terkenal yaitu Bpk. Khrisna Murti, beliau adalah seorang motivator yang mengajarkan kami bagaimana caranya mengembangkan ekonomi secara kreatif sesuai dengan materi yang diterapkan pada pekan diploma 2013 yaitu “KEMITRAAN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN UG, MAHASISWA DAN UKM UNTU KEMNGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF”.
Hari kedua yaitu hari yang sangat menegangkan bagi kami, hasil wirausaha yang kami lakukan selama berbulan-bulan diuji saat itu, sama halnya seperti sidang LKP semua mahasiswa merasa sangat tegang, semua mempersiapkan yang terbaik, tak terkecuali kelompok saya. Kelompok saya terdiri dari 4 orang akan tetapi saat sidang salah satu dari kelompok saya tidak dapat ikut karena ada beberapa hal. kelompok kami, kami berinama KITCHIN SUSHI, yang mana kami menjual sushi yang digoreng tentunya dengan bahan baku yang berkualitas karena saya tidak mau konsumen yang membeli merasa kecewa. Saya menjual chicken sushi dengan harga Rp 8000,- per pack yang berisi 4 sushi, yang didampingi dengan saus sachet dan mayones sebagai pelengkap.
Saat kelompok kami dipanggil urutan 21 kami berusaha menampilkan yang terbaik, semua hasil laporan keuangan yang kami buat selama kurang lebih 6bulan ditanyakan pada sidang dana bergulir kemarin. Dengan 2 dosen penguji kami berusaha menjelaskan dengan terbaik, mulai dari bahan baku yang kami gunakan, proses pemasaran, hingga laporan keuangannya. beruntunglah dosen peguji kami tidak terlalu galak sehingga kami merasa sedikit tenang, dan yang lebih menyenangkan dosen penguji tersebut merasa penasaran dengan produk yang kami bawakan dan memberikan komentar yang menyenangkan. Perasaan lega dan puas kami dapatkan setelah selesai kami melakukan sidang dana bergulir kemarin, semoga saja apa yang kami presentasikan membuahkan hasil yang maksimal seperti yang kami harapkan. Amiiinnnn.... :) 
Hari ketiga, yang merupakan hari terakhir dari kegiatan pekan diploma 2013 ini, hari itu kami hanya diberikan waktu untuk menjual produk yang kami presentasikan kemarin, karena saat itu adalah hari dimana diadakan pertemuan dengan orangtua dari mahasiswa tahun 2012 yang memberikan pengarahan mengenai kegiatan ini. Sehingga orangtua mengetahui apa yang akan dilakukan oleh anak-anaknya nanti. Dan setelah selesai semuanya inilah saat yang menentukan yaitu pengumuman hasil pemenang dari 3 hari kegiatan kami. Akan tetapi perasaan sedih muncul saat diumumkan bahwa dari kelas kami tidak ada yang memenangkan kegiatan ini. Tetapi kami merasa bangga bahwa kami telah lulus mengikuti kegiatan pekan diploma 2013 ini dengan diberikannya sertifikat kelulusan.
Begitulah kegiatan saya beberapa bulan yang lalu, semoga dapat menginspirasi kita semua untuk jangan pernah takut berwirausaha dan memberikan pengalaman kepada saya bahwa beginilah kurang lebihnya perasaan yang akan saya dapatkan pada sidang LKP yang akan saya lakukan nantI. Perasaan takut, syok, keringet dingin tetapi lega dan bangga saat semuanya dibayarkan dengan toga. Hehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar